Cara Mudah Buat Blog Gratis Lengkap Dengan Gambar Terbaru 2016 bagi Blogger Pemula

Cara buat Blog dan Optimasi SEO adalah hal pertama yang dicari oleh blogger pemula termasuk saya ketika pertama kali terjun ke dunia blogger. Sebenarnya cara membuat blog itu adalah hal yang mudah. Tapi sebelum membahas cara membuat blog ada baiknya kita mengetahui apa aja sih jenis - jenis blog itu.



Cara Mudah Membuat blog
Blog


Secara Umum Platform Blog Itu Terdiri Dari Dua Jenis :


  1. HOSTED
  2. SELF-HOSTED


Mungkin saat ini anda bertanya - tanya apa sih arti istilah di atas. baik saya akan menjelaskan dengan cara yang singkat dan sederhana.:


HOSTED

Hosted disini berarti blog anda  masih menumpang di website mereka. Jadi anda tidak akan punya website murni milik sendiri, dan alamat blog anda akan punya embel - embel seperti ini: bloganda.wordpress.com ( untuk platform wordpress) atau bloganda.blogspot.co.id ( untuk platform blogspot).


SELF-HOSTED

Sedangkan SELF- HOSTED disini adalah kebalikan dari HOSTED diatas,anda membuat website sendiri dengan platform bernama WordPress. Website tersebut akan 100% jadi milik anda, tetapi anda harus membayar untuk nama domain dan hostingnya.


Apakah kalian sudah mengerti maksud kedua istilah diatas..??
jika belum mengerti anda bisa bertanya lebih lanjut di kolom komentar nantinya.

oke lanjut pembahasan...
Sebenarnya untuk membuat sebuah blog ada banyak platform blogging bahkan sampai puluhan, namun penulis hanya akan memberikan  3 pilihan platform blogging yang paling populer.

Berikut Tiga Platform Blogging Yang Paling Populer Untuk saat ini..


  • WordPress.org — self-hosted
  • Blogspot — hosted
  • WordPress.com — hosted
Namun dari ketiga platform blogging di atas saya hanya akan membahas tentang blogspot, karena saya sendiri pengguna blogspot.

( karena gratis dan saat ini saya masih duduk dibangku kuliah...biasa broo...gak ada modal..untuk makan aja masih makanan kebangsaan anak kos( indo**e )...heheheheh

tapi jika anda punya uang lebih dan pingin jadi blogger sejati. saya sarankan anda untuk memakai platform blogging yang SELF-HOSTED.

lanjut....

Untuk tidak memperpanjang mukaddimah, saya akan menjelaskan  tentang Cara Mudah buat Blog dan Optimasi SEO seperti yang tertera pada judul saya yang diatas


Cara Mudah Membuat Blog ( Platform Blogspot)


Buat Akun Google ( Akun Gmail)


Syarat untuk daftar blog dengan platform blogspot anda harus punya akun google ( Akun Gmail) terlebih dahulu. Jika saat ini anda belum mempunyai akun Google (akun Gmail), silahkan menuju tutorial ” Cara Membuat Email Baru Lengkap Gambar “. Setelah anda mempunyai akun gmail atau akun google, silahkan kunjungi situs  ” www.blogger.com ” dan kita akan melihat halaman login seperti gambar berikut :

cara membuat blog dengan mudah
halaman depan blog

pada halaman ini anda bisa mengklik  " CREATE YOUR BLOG" atau bisa mengklik "SIGN IN" seperti yang di tunjukkan oleh tanda panah di atas

maka anda akan di minta untuk memasukkan akun Google ( akun Gmail ), seperti pada gambar di bawah ini :

cara daftar blog dengan mudah
Halam login akun Google


Masukkan Username dan Pasword Akun Google sobat, seperti dibawah ini :

Cara mudah membuat blog
Halam login akun Google

Setelah Username dan Pasword anda isi dengan benar, maka anda langsung di arahkan menuju halaman blog , tampilannya seperti di bawah ini :


Cara Mudah membuat blog
Halaman depan blog setelah login


Jika anda ingin membuat blog, anda bisa mengklik " BUAT BLOG BARU " atau mengklik "Blog baru" seperti yang sudah saya tandai pada gambar di atas.


Membuat Judul dan Alamat Blog



Selanjutnya anda akan masuk ke halaman daftar blog, anda harus mengisi judul, alamat blog, serta template blog yang anda inginkan. Jika anda hobi di bidang otomotif anda bisa membuat blog dengan

Judul               : Dunia Otomotif

Alamat  URL   : otokita77.blogspot.com 


Pastikan alamat blog yang anda ketikkan "Alamat blog ini tersedia" jika muncul tulisan " Alamat blog ini tidak tersedia" anda bisa menambahkan angka di belakang alamat blog yang ingin anda buat.

Cara Mudah membuat blog
Halaman daftar blog


Setelah selesai langsung tekan " Buat blog " , maka anda akan melihat tampilan Dashboard blog :

 Cara Mudah Membuat Blog Dashboar Blog
Dashboard Blog

Mengganti Template Blog


Sejauh ini, anda sudah berhasil membuat blog, tapi karena menurut saya tampilan template bawaan blog masih kurang menarik, maka kita bisa mengganti template tersebut dengan template yang kita inginkan, anda bisa mencari template - template gratis di google dengan kata kunci " Free Template Blogspot" atau terserah anda mau mengetikkan kata kunci apa.

jika anda ingin mengganti template tersebut anda bisa mengklik menu "Template" seperti yang di tunjukkan oleh tanda panah pada gambar di atas.

Setelah di klik maka anda akan melihat tampilan halaman template seperti yang di bawah ini :

Cara Mudah Membuat Blog
Dashboar Blog

Langsung tekan tombol ” Edit HTML “ , maka mucul tampilan seperti yang dibawah ini :

Cara Mudah Membuat Blog
Halaman untuk mengubah template blogspot
Hapus Semua Tulisan yang didalam kotak merah di atas, ganti dengan script yang anda cari tadi, biasanya dalam format filenya dalam bentuk "xml", kemudian pastekan script tersebut. klik
 " SIMPAN TEMPLATE"

Setelah selesai, maka tampilan template anda akan berubah, di sini saya menggunakan template buatan mas sugeng.


Membuat Konten Blog


Untuk memulai ngeblog dan mengisi konten anda bisa mengklik menu   " Pos"

Cara mudah membuat blog
Dashboard blospot
kemudian klik " Entri Baru"  seperti pada gambar di bawah ini :



Cara mudah membuat blog
Dashboard Blogspot



Selanjutnya anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini  :

Cara mudah membuat blog
Halaman pos blogspot

Keterangan Gambar : 

  • Nomor 1 : tempat anda membuat judul artikel
  • Nomor 2 : tempat anda menulis artikel yang ingin anda buat
  • Nomor 3 : tempat anda membuat label ( tag)
  • nomor 4 : setelah selesai membuat artikel anda klik tombol publikasikan untuk mempulikasikan
Sekian dulu tutorial cara membuat blog di blogspot lengkap dengan  gambar, segera praktek-kan karena membuat blog di blogspot itu mudah dan tutorial diatas sudah dibuat dengan sederhana namun padat. Jika ada kurang mengerti, silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar dibawah. Pada kesempatan berikutnya akan dibahas tentang bagaimana cara Optimasi SEO Blog.

Saya adalah blogger desa,tujuan saya membuat blog ini untuk berbagi informasi,turorial,berbagi seputar dunia internet,komputer, dll.

Untuk Membenahi dan Meningkatkan Kualitas Blog Maupun Konten Dari Blog Ini, Komentar Dari Sobat Sangat Saya Butuhkan,Dengan Syarat :

* Berkomentarlah Sesuai Dengan Topik yang di Bahas.
* Berkomentarlah dengan Bahasa yang Sopan.
* Untuk Saat Ini Anda Tidak Boleh Menyisipkan Link diKomentar.
* Dan Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# TERIMA KASIH
EmoticonEmoticon