#10 Tool Google yang wajib digunakan oleh blogger

Belakangan ini banyak blogger yang baru terjun kedunia blogging bertanya - tanya tentang apa saja Tool Google yang harus mereka gunakan untuk mendukung aktivitas mereka dalam mengelola blognya.

Sebagaimana kita ketahui Google merupakan search engine yang paling banyak digunakan di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Google memiliki banyak tool yang bisa  digunakan untuk membantu para pemilik blog agar blognya terindex atau lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari, sehingga blognya lebih cepat populer dan berkembang.

Bagi seorang blogger yang sudah master atau yang sudah berpengalaman tool google ini sudah tidak asing lagi ditelinga mereka, dan saya percaya mereka sudah menggunakan tool- tool ini, namun untuk blogger pemula yang baru terjun kedunia blogger tool- tool google ini masih sangat asing, padahal tool- tool ini sangat membantu dalam mengelola blog yang baru mereka bangun, sehingga blognya lebih cepat populer dan berkembang.

Kali ini saya akan menjelaskan dan berbagi informasi tentang tool-tool google yang harus digunakan oleh para blogger, terutama blogger pemula, tapi tunggu dulu,  tool google bisa anda gunakan secara gratis alias tidak berbayar. tool tersebut sengaja dibuat gratis oleh pihak google dengan tujuan untuk membantu para pemilik blog dalam mengelola blognya, sehingga blognya lebih cepat populer dan berkembang.

Berikut informasi mengenai 13 Tool Google yang saya ambil dari berbagai sumber :

1. Google Trend

Bagi seorang blogger layanan google yang satu ini sangat bermanfaat untuk melihat perkembangan kata kunci atau keyword yang sedang populer atau lagi trend untuk dikembangkan menjadi sebuah kata kunci untuk judul artikel dan selanjutnya di kembangkan menjadi sebuah artikel yang menarik.

Google trend tidak hanya menampilkan informasi mengenai kata kunci yang popoper saja,tetapi google trend mampu menampilkan hasil berdasarkan negara,kota,wilayah maupun bahasa yang kita inginkan. Hebat bukan...??

Google-Trend


Google Trends juga dapat memberikan informasi seberapa banyak orang mencari kata kunci yang dipakai dan dari mana asal orang yang mencari kata kunci tersebut.

Untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan google trend anda bisa membacanya disini :


2. Google AdWords

Google adwords merupakan sebuah produk Google yang bertujuan untuk melakukan periklanan yangyang sampai saat ini masih menjadi sumber pemasukan utama Google di bidang periklanan ( wikipedia),google adwords ini bisa dikatakan sebagai jembatan bagi para pemilik produk atau situs untuk mengiklankan produk atau situs mereka di jaringan Google AdSense, didalam google adwords banyak sekali fitur - fitur yang bisa dimanfaatkan, salah satunya adalah Keyword Tool yang berfungsi untuk mencari  kata kunci yang paling banyak dicari orang.

google-adwords

3. Google Keyword Planner (GKP)

Google keyword planner atau lebih sering disebut GKP, merupakan sebuah tools google gratisan yang digunakan  untuk menemukan kata kunci yang potensial, sebenarnya google keyword planner dibuat untuk mereka yang ingin beriklan digoogle adwords, agar nantinya dalam memasang iklan dengan menggunakan jasa google adwords lebih tepat sasaran dalam mendatangkan pengunjung ke situs/website yang mereka miliki.

Bagi para blogger alat ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk merencanakan, mencari dan menemukan kata kunci yang paling banyak dicari, sehingga keyword yang kita bidik bisa mendatangkan banyak pengunjung.
google-Keyword-Planner


Dengan memanfaatkan google keyword planner ini anda bisa melakukan riset keyword (kata kunci) untuk melihat berbagai informasi penting dari sebuah kata kunci yang akan anda kembangkan untuk dijadikan sebagai judul artikel blog nantinya, salah satu fungsi GKP ini adalah kita bisa melihat data mengenai volume  pencarian setiap bulannya untuk keyword tersebut, dan informasi lainnya yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan trafik pengunjung ke blog yang anda buat.

Lalu, bagaimana cara menggunakan tool ini..? 

Cara menggunakannya sangat mudah,anda tinggal login menggunakan akun gmail yang sudah anda daftarkan sebelumnya. jika anda ingin memahami lebih lanjut mengenai google keyword planner anda bisa googling,karena sudah banyak blogger yang posting tentang cara menggunakan tool Google Keyword Planner ini. jika anda malas untuk googling anda bisa membacanya disini.

4. Google Webmaster Tools

Google webmaster tools atau nama lainnya google search console merupakan tool gratisan dari google yang digunakan untuk menganalisa semua informasi yang terkait dengan blog/website anda baik trafik pengunjung, maupun analisa untuk keperluan Search Engine Optimization (SEO).

Tool google inii juga membantu para pemilik atau pengelola situs (webmaster) agar blognya lebih mudah untuk ditelusuri oleh robot mesin pencari sehingga lebih mudah ditemukan oleh search engine.

Google-Webmaster-Tool


Selain itu, banyak sekali informasi bermanfaat lainnya dari google webmaster tool ini,misalnya jumlah backlink yang berhasil di claim, index mesin pencari terhadap blog yang kita miliki, informasi kata kunci yang mampu mendatangkan trafik, mengetahui kata kunci yang digunakan oleh pengguna google maupun mesin pencari untuk menemukan blog kita 

Dengan adanya google keyword planner ini diharapkan anda  bisa mengamati perkembangan  blog anda sehingga anda memiliki data acuan untuk mengoptimalkan performa blog anda agar menjadi lebih baik dimata search engine.

5. Google Analytics

Google analytics merupakan salah satu cara untuk memonitor trafik blog kita, misalnya mengetahui sumber trafik pengunjung blog kita, dari negara mana dia berasal, dari mana dia masuk dan menemukan blog kita, apakah dari mesin pencari google, media sosial atau dari yang lainnya.

google-analytic


Untuk menghubungkan blog anda ke google analytics sangatlah mudah, syaratnya anda harus punya akun gmail, kemudia memasukkan kode html kedalam blog kita. jika anda bingung anda bisa membaca :
Sebelum menggunakan analytics saya sebenarnya dulu pernah menggunakan tool sejenis yaitu histats, tapi menurut pengalaman saya, analytic lebih akurat menampilkan informasi daripada histats karena analytics sendiri merupakan produk google.

Pentingkah google analytic untuk perkembangan sebuah blog..??

tentu saja penting, karena dengan adanya google analytic menjadikan blog anda lebih baik, karena anda bisa terus memonitor blog anda secara langsung.

6. Google News

Google news merupakan salah satu layanan untuk membantu anda memfilter dan melihat berita terkini dari google dengan kriteria yang anda inginkan. Google news bisa digunakan sebagai acuan ataupun sumber inspirasi artikel yang ingin anda tulis diblog anda.

google-news


7. Google Translate ( Google Terjemahan)

Jika anda ingin mengubah bahasa artikel anda dari bahasa indonesia ke bahasa inggris anda bisa memanfaat google translate karena tool google yang satu ini tujuannya adalah untuk menterjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lainnya.


google-translate


Untuk blogger yang ingin membuat artikel bahasa inggris anda bisa memanfaatkan tool gratis dari google ini, namun untuk menterjemahkannya anda harus memperhatikan kosa kata yang sudah di terjemahkan. karena google translate tidak sepenuhnya betul dalam menterjemahkan kata -kata masukkan.

8. Google Alert

Fungsi utama dari google alert adalah untuk memberitahukan kita melalui email bahwa ada artikel baru yang berhasil ditemukan oleh search engine berdasarkan kata kunci yang telah kita masukkan kegoogle alert.

Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas para blogger memanfaatkan kolom komentar untuk mempromosikan blog ataupun artikel yang baru mereka buat, tujuannya untuk menaikkan traffic pengunjung. Namun untuk mendapatkan backlink yang berkualitas kita tidak boleh sembarangan melakukan backlink karena bisa bisa mesin perayap google menganggap link yang kita sematkan sebagai spam.

google-alert


salah satu cara untuk mendapatkan backlink yang berkualitas adalah menjadi orang yang pertama kali berkomentar dengan topik yang relevan dengan artikel blog ataupun kata kunci yang kita buat. Namun, untuk menjadi orang yang pertama kali berkomentar itu merupakan hal yang sulit, karena banyak diluaran sana kompetitor -kompetitor blog yang sejenis dengan blog kita.

Lalu bagaimana cara mengantisipasinya...?

Anda bisa menggunakan google alert, anda tinggal memasang kata kunci pada kotak yang disediakan misal "Teknik bermain game point blank terbaru" atau keyword lainnya yang anda inginkan, dan atur pada opsi "How Often" menjadi "as it hapens", dengan cara ini google akan memberitahukan kita melalui inbok email ketika ada artikel terbaru yang relevan dengan keyword yang kita pasang di google alert. mudah bukan,,??

9. Google Plus (Google+)

Google Plus merupakan jejaring sosial milik google yang berdiri pada tahun 2011, anak dari perusahaan Alphabet Inc yang mempunyai slogan " GET WAY INTO WHAT YOU LOVE " ini merupakan jejaring sosial yang dibuat untuk kelima kalinya setelah sebelumnya google sempat membuat jejaring sosial  seperti :


  • Orkut (Tahun 2004),
  • Google Friend Connect ( Tahun 2008),
  • Google Wave ( Tahun 2009), 
  • Google Buzz ( Tahun 2010).
Semua jejaring sosial yang dibuat oleh google tersebut bangkrut karena kalah bersaing dengan jejaring sosial raksasa  facebook dan twitter, namun google bukanlah tipe perusahaan yang pantang menyerah pada tahun 2011 google meluncurkan jejaring sosial baru yang diberi nama google plus (google+). 

google-plus


Apa kegunaan  google plus ini bagi blog kita..??


Tujuannya adalah untuk memudahkan kita untuk melakukan promosi blog ataupun artikel yang baru kita buat di google+ , untuk itu anda harus menghubungkan blog anda ke google+, dengan menghubungkan blog anda ke google+ maka setiap artikel yang anda terbitkan akan muncul sebagai status di google+ anda, dengan demikian artikel tersebut akan cepat sampai ke teman atau follower anda sehingga bisa meningkatkan traffic pengunjung pada blog anda.

pada blog yang berplatformkan blogspot google plus biasanya sudah terhubung secara otomatis ketika blog tersebut baru dibuat, sehingga setiap artikel yang kita buat otomatis akan dijadikan sebagai status pada akun google plus.

10. Google Adsense

Jika anda seorang blogger yang ingin menjadikan blog sebagai sarana untuk mendapatkan penghasilan, maka google adsense adalah salah satu yang dapat digunakan untuk mendapatkan penghasilan, karena google adsense membuka kerjasama dengan para pemilik blog seluruh dunia untuk ikut berpartisipasi  menjadi mitra kerja google, dengan cara menjadi publisher google adsense ,sehingga mereka bisa meletakkan iklan dari google adsense pada blog miliknya dan para pemilik blog akan mendapatkan bayaran dengan jumlah tertentu dari google adsense jika iklan yang mereka pasang berhasil di klik oleh pengunjung blog miliknya.

google-adsense


Sejauh ini google adsense adalah primadona bagi blogger seluruh dunia  dikarenakan google adsense merupakan media periklanan yang cukup populer untuk meraup keuntungan dari internet karena google adsense boleh dibilang salah satu yang membayar cukup besar untuk para publishernya, oleh karena itu bagi siapapun anda kebetulan ingin mendapatkan penghasilan dari internet anda bisa bergabung menjadi publiser google adsense. 

Untuk mendaftar menjadi publisher google adsense sangatlah sulit, karena tidak semua blog bisa mendaftar digoogle adsense, ada beberapa aturan dan kebijakan yang dibuat oleh pihak google, sehingga hanya blog yang sesuai dengan kriteria mereka yang diterima sebagai publisher google adsense. Jika anda berminat untuk mendaftar menjadi publisher google adsense silahkan mendaftar dan bergabung dengan google adsense.

PENUTUP

Bagaimana sahabat blogger, apakah sahabat blogger tertarik untuk menggunakan 10 tool google ini..?
Semoga artikel sederhana ini bisa membantu sahabat blogger untuk meningkatkan traffic blog sahabat blogger semua, semoga bermanfaat dan salam blogger ! 

Saya adalah blogger desa,tujuan saya membuat blog ini untuk berbagi informasi,turorial,berbagi seputar dunia internet,komputer, dll.

Untuk Membenahi dan Meningkatkan Kualitas Blog Maupun Konten Dari Blog Ini, Komentar Dari Sobat Sangat Saya Butuhkan,Dengan Syarat :

* Berkomentarlah Sesuai Dengan Topik yang di Bahas.
* Berkomentarlah dengan Bahasa yang Sopan.
* Untuk Saat Ini Anda Tidak Boleh Menyisipkan Link diKomentar.
* Dan Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# TERIMA KASIH
EmoticonEmoticon