Belajar Blog, Cara Optimasi Seo On Page Terbaru

Optimasi seo on page adalah salah satu cara untuk meningkatkan page rank dari website yang kita bangun.

Maknanya, Setiap blogger harus mengoptimasi blog nya donk... ya benar sekali...

Optimasi Seo onpage bertujuan agar search engine ( mesin pencari) google mengetahui apakah website anda memang berkualitas dan relevan/sesuai dengan apa yang dicari oleh user.


seo on-page
SEO ON-PAGE



Sebenarnya kunci utama dalam membuat artikel kita menjadi seo-on page itu sendiri sangat sederhana,kuncinya ada 3 hal :
  1. Kualitas konten yang kita buat
  2. Relevan / sesuai 
  3. Konsisten
Tanpa ketiga hal tersebut, mustahil artikel kita nongkrong di peringkat 1 di mesin pencari Google.

Baiklah kali ini kita akan mempelajari di bagian-bagian mana saja yang harus anda terapkan optimasi on-page serta bagaimana melakukan optimasinya.

Point - point penting untuk melakukan optimasi seo on Page


  1. Tentukan Tema Blog

  2. Riset Keyword ( Kata Kunci)

  3. Optimasi Artikel

  4. Teknik Peletakan Keyword Dalam Artikel

  5. Pemberian H1,H2,H3,H4 Dalam Artikel

  6. Penambahan Gambar Dalam Artikel

  7. Penambahan Label

  8. Meta Deskripsi

  9. Social sharing

  10. Penerbitan Postingan Yang Baik

  11. Kecepatan loading blog

Langkah 1 : Tentukan Tema Blog Yang Akan Kita Buat


Mencari tema sebuah blog adalah hal yang paling sulit, Namun saran dari saya, carilah tema blog yang banyak dicari orang dan mudah kita membuatnya. 

Lebih baik lagi jika anda mencari tema atau judul blog berdasarkan hobi anda,
misalnya anda hobi memelihara burung, maka buatlah blog yang membahas tentang burung.

Tapi, disini saya akan membuat contoh tema blog tentang " Dunia Tekno ".

Kenapa saya mengambil contoh tema blognya tentang TEKNO ??

Karena saat ini dunia tekno adalah hal yang paling banyak dicari dan diminati oleh banyak kalangan.


Langkah 2 : Riset Keyword ( Kata Kunci )


Nah, pada langkah pertama diatas kita sudah menentukan sebuah contoh tema blog yaitu tentang dunia tekno. Dunia tekno itu bermacam - macam, ada yang membahas tentang Handphone,komputer, dll.

Namun, di sini saya akan membahas tentang Handphone (HP).

Kenapa Begitu Mas??


Ya, saya berpikir dunia tekno yang paling populer saat ini adalah dunia Handphone , karena hampir semua orang memilikinya.

Oke Lanjut ke pembahasan Riset Keyword....


Sebenarnya ada beberapa tools yang bisa kita gunakan untuk menemukan keyword ( kata kunci) mulai dari yang gratisan sampai yang berbayar.

Tapi karena kebanyakan orang suka yang gratisan ( termasuk saya,,hehe),

maka saya menggunakan tools Google keyword Planner yang gratis dan bisa menemukan kata kunci yang potensial.

Mendaftar ke Google Adwords


Google Adwords adalah fasilitas gratis yang diberikan oleh Google kepada Advertiser untuk melakukan riset. Agar bisa menggunakan fasilitas Google Keyword Planner anda harus mendaftar terlebih dahulu.

Untuk Mendaftar Silakan buka : https://adwords.google.com/ dengan menggunakan akun Gmail Anda. Jika Anda baru pertamakali menggunakan tools ini, Anda akan diarahkan ke halaman Campaigns, perhatikan gambar di bawah ini :

adwords google.
 Google Adwords

Cara Menggunakan Google Keyword Planner



Selesai mendaftar, kita bisa langsung menggunakan tools ini. Selesai langkah pertama di atas, kita akan melihat beberapa menu pada halaman Google Adwords.



Silahkan klik menu “Tools” yang berada pada menu paling terakhir, nanti akan muncul pilihan sub menu. silahkan pilih “Keyword Planner”, perhatikan gambar.



keyword planner
keyword planner



Selanjutnya kita akan melihat beberapa pilihan untuk riset keywords ( kata kunci). Silahkan klik pilihan “Search for new keyword and ad group ideas”, Perhatikan  gambar.


keyword planner
keyword planner


Selanjutnya lagi masukkan kata kunci yang berhubungan dengan tema blog anda pada kolom yang tersedia,perhatikan gambar.



keyword-get-ideas
Pencarian Keyword

Keterangan Gambar :


  1.  karena kita membahas tentang dunia tekno (Handphone), maka keyword yang saya masukkan adalah :

    " Harga Hp Samsung"

    jangan lupa untuk mengedit bagian Targeting, Date Range, Customize your search.
  2. Jika target market Anda Indonesia, ketikkan Indonesia pada bagian “Location”, dan masukkan Indonesian pada bagian “Language”.
  3. Kemudian pilih, Date range 12 bulan terakhir.
  4. Filter Keyword anda menjadi Low, supaya saingannya tidak terlalu banyak.
  5. Terakhir klik “Get ideas” untuk mendapatkan ide yang kita inginkan.


Selanjutnya kita akan melihat halaman di mana kita bisa melihat trend keyword yang kita cari. perhatikan gambar di bawah ini :


keyword-ideas
Halaman Result Trend Keyword
Keterangan Gambar :

  1. Tema yang kita cari = Harga Hp Samsung
  2. Jangan lupa klik tab “Keyword ideas” karena kita ingin mencari keywords yang terkait dengan keyword utama kita.
  3. Ternyata pencarian kata kunci tentang harga hp samsung mencapai 100k-1M setiap bulannya,tingkat kompetisi pengiklannya "Low", tapi sayangnya suggest bidnya ( perkiraan nilai CPC untuk keyword) rendah. hanya =IDR 972
  4. Daftar keyword ( kata kunci ) yang relevan dengan tema yang kita cari
  5. Jumlah pencarian kata kunci dan tingkat kompetisi pengiklan, dari masing - masing keyword.
  6. Perkiraan nilai CPC dari masing - masing keyword idea.

Langkah 3 : Optimasi Artikel


Berdasarkan kata kunci yang cari tadi, maka kita bisa membuat sebuah judul artikel tentang :

Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Galaxy J5, RAM 1,5 GB terbaru update 2016 

Untuk penulisan artikelnya anda cari sendiri, saya hanya memberikan gambarannya saja :

Paragraf 1 misalnya :  Penjelasan singkat mengenai samsung galaxy j5


........... Akhirnya Samsung Galaxy J5 hadir di Indonesia, varian baru dari keluarga Samsung J series ini sudah terpampang dengan jelas di situs resmi Samsung Indonesia. Lalu fitur serta kelebihan apa saja yang di tawarkan oleh Galaxy J5 ini?

Paragraf 2 : Fitur Dasar Samsung Galaxy J5

.........Galaxy J5 berdimensi 142,1 x 71,8 x 7,9 mm dan memiliki bobot 146 gram. Layarnya memiliki luas 5 inci berteknologi layar sentuh Super AMOLED dengan resolusi 720 x 1280 HD kerapatan warna 16m...bla,,,,bla,,,,blaa,,,,

Paragraf 3 : Keunggulan dan Kekurang Samsung Galaxy J5

.........Keunggulan dari samsung galaxy j5 ini adalah..bla,,,bla,,,bla,,,

paragraf 4 : Spesifikasi

........Spesifikasi samsung galaxy j5..bla..bla.........


Paragraf 5 : Harga Samsung Galaxy J5

Harga baru :...... 
Harga bekas :....


Paragraf 6 : Internal link

Internal link sangat penting dalam sebuah artikel,contoh internal link :

  • Baca juga daftar harga hp samsung terbaru
  • baca juga daftar harga hp nokia terbaru
maksimal sampai 5 internal link


Paragraf 7 : Penutup

Bagaimana menurut sobat, seputar artikel samsung galaxy J5 diatas, mungkin pembaca yang budiman ada yang tertarik dengan spesifikasi,harga maupun fitur – fitur lain yang ada pada hp ini.semoga artikel ini bermanfaat untuk semua orang, jangan lupa bagikan artikel ini..dan sampai jumpa di artikel selanjutnya


Langkah  4 : Teknik Peletakan Keyword Dalam Artikel


Peletakan Keyword dalam sebuah artikel sangatlah penting, karena robot google akan merayapi semua yang ada pada blog kita termasuk keyword yang kita masukkan :

Berikut teknik peletakan keyword :

  • Paragraf 1 : Keyword diletakkan pada kalimat pertama
  • Paragraf 2 : Peletakan keyword bebas
  • Paragraf 3 : Peletakan keyword bebas
  • Paragraf 3,4,5,6,7,dst : Bebas juga
  • Paragraf Terakhir : Keyword Pada kalimat terakhir

Langkah  5 : Pemberian H1,H2,H3,H4 Dalam Artikel


H1 ( heading Tag 1): Harus menjadi heading pada nama blog, dan juga judul artikel saat di halaman artikel.

H2 (Heading Tag 2) :sebaiknya dipakai pada judul artikel pada halaman beranda dan nama blog pada halaman artikel. 

H3 (Heading Tag 3) : disarankan untuk judul widget.

H4 (Heading Tag H4) : juga bisa untuk judul widget dan jumlah komentar pada blog

H5 (Heading Tag H5) : dipakai untuk nama pemberi komentar

H6 (Heading Tag H6)  : untuk link credit seperti Powered By Blogger


Beberapa cara diatas digunakan untuk mengatur heading tag selain untuk postingan.

Jadi, untuk mengatur heading pada artikel anda cukup memilih 4 pilihan yang ada di editor entri yaitu :

HEADING untuk H2, SUB HEADING untuk H3, dan MINOR HEADING untuk H4, dan NORMAL adalah tanpa heading.


Langkah  6 : Penambahan Gambar Dalam Artikel


Penambar Gambar dalam setiap artikel sangatlah penting, jika anda disuruh memilih :

MEMILIH KONTEN YANG ADA GAMBAR PENDUKUNGNYA ? 

atau

MEMILIH KONTEN YANG TIDAK ADA GAMBARNYA,HANYA TULISAN SAJA..


Saya yakin, kebanyakan orang lebih suka memilih konten yang ada gambar.


Langkah  7 : Penambahan Label


Pemberian label termasuk hal yang penting untuk sebuah artikel, karena dengan adanya label kita bisa mengelompokkan postingan berdasarkan kategori.

Pengelompokan ini juga memudahkan pengunjung blog kita ingin membaca/melihat isi artikel kita, sehingga mereka tidak perlu lagi mondar - mandir mencari dan melihat keseluruhan postingan blog.

Langkah  8 : Meta Deskripsi


Ketika anda memasukkan meta deskripsi dalam artikel yang anda buat, sangat disarankan untuk menggunakan kata - kata yang mengandung keyword ( kata kunci ). 

Deskripsi yang baik itu terdiri dari 150-160 karakter, tidak boleh mengandung kata yang sama lebih dari dua kali.


Langkah  9 : Social Sharing ( bagikan  ke media sosial)


Umur 1 – 2 minggu, tekniknya kasi backlink :
  • Sosbook ( cari digoogle sosbook lokal)
  • Youtube : cari video yang relevan dengan artikel blog kita ( kasi link dikomentar)
  • Yahoo tanya jawab : jika ada orang bertanya  jawab dengan link
  • Faccebook
  • Twitter
  • G+

Umur 2 – 4 minggu :

  1. Pakai teknik yang umur 1-2 minggu boleh
  2. Teknik dummy : wordpress,blogspot,detik,tumblr,masih banyak lagi bisa disearching di google. Fungsinya untuk backlink ke blog utama kita.

Umur 1 bulan keatas :
  1. Gunakan Tracking backlink

Langkah  10 : Penerbitan Postingan Yang Baik


Penerbitan Postingan Yang Baik :


  1. Posting per hari selama 2 bulan ( Harus Konsisten)
  2. Liat perkembangan blog jika visitor sudah mencapai 5000 atau 1000 ribu maka bulan berikutnya bisa posting 1 saja.

Langkah  11 : Kecepatan Loading Blog


Kecepatan loading blog sangatlah menentukan Seo on-Page sebuah blog, Dalam panduan SEO nya pun, Google pernah mengungkapkan bahwa mereka memprioritaskan website yang loading nya cepat di hasil pencarian.

Jadi, mulai saat ini perhatikan kecepatan loading blog anda...


Bagaimana Menurut sahabat blogger, Artikel Seputar SEO On-Page ini . Mudah- mudahan artikel ini bermanfaat untuk para pembaca. jika ada kesalahan dalam penulisan dan tidak sesuai dengan jalan pikiran sahabat blogger saya minta untuk menyampaikannya melalui kolom komentar. Karena tak ada sesuatu yang maksimal kalau tidak ada kesalahan di dalamnya.

Demikan Artikel sederhana tentang Cara Optimasi Seo On Page

Saya adalah blogger desa,tujuan saya membuat blog ini untuk berbagi informasi,turorial,berbagi seputar dunia internet,komputer, dll.

3 komentar

Mantap gan tutorial dan tipsnya...

Aku saya coba aplikasikan di blog saya..hhhehe ☺

terima kasih gan,,,

iya ditunggu hasilnya..

:)

Tutorialnys sangat membantu...salam blogger newbie

Untuk Membenahi dan Meningkatkan Kualitas Blog Maupun Konten Dari Blog Ini, Komentar Dari Sobat Sangat Saya Butuhkan,Dengan Syarat :

* Berkomentarlah Sesuai Dengan Topik yang di Bahas.
* Berkomentarlah dengan Bahasa yang Sopan.
* Untuk Saat Ini Anda Tidak Boleh Menyisipkan Link diKomentar.
* Dan Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# TERIMA KASIH
EmoticonEmoticon