Cara Jitu Optimasi SEO Video Youtube Agar Muncul di Trending Youtube Terbaru

Optimasi SEO video youtube adalah sebuah hal yang sangat penting jika anda ingin terjun kedunia youtuber, dan banyak youtuber yang sukses karena menerapkan hal ini. Adapun fungsi dari optimasi SEO ini adalah untuk memudahkan pencarian orang terhadap video yang kita upload di youtube tersebut, baik dari hasil pencarian di youtube,bing maupun dari hasil pencarian pada pencarian google.

Cara -Jitu- Optimasi- SEO- Video -Youtube
Optimasi SEO Video Youtube


Melakukan optimasi SEO video youtube sama pentingnya ketika kita melakukan optimasi terhadap artikel yang kita buat. Menurut penelitian para ahli, situs youtube kedepannya akan mengalahkan stasiun TV. Kita bisa melihat ada ratusan ribu, jutaaan, atau bahkan milyaran video yang bertebaran di youtube dengan cakupan seluruh dunia dengan berbagai kategori video yang di sajikan. Jumlah Viewer (pengunjung) dari video yang diunggah di youtube pun bervariasi.  Tahukah anda berapa ribu video yang di upload ke youtube setiap harinya? Apakah video anda berpeluang untuk banyak di lihat orang setiap harinya?

Nah, jika Anda termasuk salah satu Youtuber sejati, tentunya Anda ingin sekali video anda muncul di trending youtube maupun di halaman pertama hasil pencarian dengan keyword yang jadi sasaran Anda.Untuk mengatasi hal itu, kali ini saya akan bagikan Cara Jitu Optimasi SEO Video Youtube yang mudah - mudahan akan membuat video anda muncul di trending youtube dan hasil pencarian Google. Aminnn...

Jika selama ini anda berpikir bahwa menjadi youtuber yang sukses adalah hal yang mudah,tinggal upload video. Kemudian menunggu orang untuk melihat dan mengklik iklan yang muncul di video yang anda publish, entah dengan tujuan monetisasi atau sekedar mengeluarkan ekspresi diri agar dikenal banyak orang. Mulai sekarang ubahlah pola pikir anda agar nantinya anda menjadi youtuber yang sukses. Melakukan atau mempelajari cara optimasi SEO Video Youtube adalah hal yang paling utama anda lakukan.

lalu bagaimana sih cara melakukan Optimasi SEO Video Youtube adsense yang sesuai standart SEO sebelum di upload dan dipublikasikan kepada pemirsa youtube , supaya banyak yang menonton ?
berikut penulis sajikan langkah - langkah yang harus anda lakukan :


LANGKAH - LANGKAH OPTIMASI VIDEO YOUTUBE : 



Optimasi Video Youtube 1 : Tentukan Topik atau Tema Video yang Akan Anda Buat

Jika anda ingin membuat video yang menarik, tentunya anda harus membuat planning terlebih dahulu , tentang video apa yaang paling banyak menarik perhatian pemirsa untuk melihat video anda di youtube nantinya , apakah video yang bertemakan berita,video lucu ,video tutorial ,video seputar dunia olahraga dan lain sebagainya .dalam hal ini anda bisa melihat video yang lagi ngetrend di trending youtube, video apa sih yang jadi trending saat ini.

Cara-jitu-Optimasi- SEO -Video -Youtube
contoh topik atau tema video youtube


Optimasi Video Youtube 2 : Riset Keyword ( Kata Kunci)


Setelah anda menentukan topik atau tema video youtube anda hal yang ke dua harus Anda lakukan dalam strategi Optimasi SEO untuk video Youtube adalah melakukan riset keyword atau lebih tepatnya riset kata kunci.

Riset keyword pada intinya adalah mencari kata kunci yang sering diketikan oleh orang di mesin pencari sesuai dengan topik channel Anda.

Carilah keyword yang sedang populer dan banyak dicari namun dengan tingkat persaingan sedikit atau tidak terlalu banyak. Setelah Anda menemukan keywordnya, silahkan tentukan video apa yang ingin Anda buat dan relevan dengan keyword yang telah Anda tentukan.

Misal channel Anda membahas seputar tutorial Memasak , maka kira-kira kata kunci atau keyword apa yang sering digunakan orang untuk mencari tutorial seputar memasak di mesin pencari.

Misal keyword yang sedang digandrungi “Cara Memasak Ayam Rendang Super Enak”, maka buatlah video mengenai langkah-langkah untuk memasak ayam rendang menjadi super enak.

Sebelumnya anda bisa mencoba  melakukan riset keyword dengan cara menggunakan google keyword planner. Dengan riset kata kunci untuk video youtube, di harapkan bisa mengetahui kata kunci apa yang sedang populer, dan hasil tingkat persaingan dalam pencarian.
Cara-riset-keyword
contoh riset keyword



Optimasi Video Youtube 3 :  Buat Video Dengan Durasi Lebih Panjang dan Kualitas Bagus (HD)

Rata - rata pengunjung youtube tentunya mencari video yang durasinya lebih panjang. Durasi video yang ideal adalah 10 – 15 menit.sajikan video dengan durasi yang cukup agar pemirsa dapat mengakses informasi yang lebih lengkap pula. Terkadang durasi video yang pendek di anggap kurang menarik, karena di anggap belum bisa memberikan informasi secara utuh.

Setelah melihat durasi video, tentunya pemirsa yotube juga memperhatikan kualiatas dari video itu sendiri.Zaman sekarang fasilitas untuk membuat video berkualitas HD ( high definition), atau hasil rekaman dengan resolusi tinggi sangatlah mudah di jumpai. Walaupun hasil rekaman dengan ponsel, sudah cukup menghasilkan resolusi 480p (Minimal).

Optimasi Video Youtube 4 : Penamaan File Video Dengan Menggunakan Kata Kunci

Banyak dari youtuber yang menyepelekan langkah ini . Padahal inilah hal yang paling dasar yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan penghasilan di Youtube. Sebelum mengupload video di Youtube sebaiknya nama file video yang tersimpan di komputer sudah mengandung kata kunci yang disasar.

Misal video Anda tentang kumpulan video lucu bayi, maka nama filenya harus diberi nama kumpulan-cara-memasak-yang-unik.mp4. Nama file sebaiknya menggunakan tanda kurang, karena kalau spasi robot youtube  akan membacanya sebagai satu kata saja.


Optimasi Video Youtube 5 : Memaksimalkan TDT ( Title, Description, Tag)

Saya ambil contoh konten tutorial memasak ayam, nah berikan judul yang menarik " Misalnya Cara Memasak Ayam Rendang Super Enak", jangan lupa maksimalkan deskripsi kalian, untuk membuat deskripsi kalian bisa ambil artikel dari website  yang mengupas tentang cara memasak atau kalian tulis sendiri. Sebuah video yang memiliki deskripsi relevan dengan judul dan video lebih memiliki potensi booming ketimbang yang deskripsi kosong atau ngasal, untuk tag bisa diisi yang relevan dengan video. Untuk mendapatkan tag yang relevan kalian bisa instal plugin freedom / vidiq ( tersedia di extensions Google Chrome).
contoh-title-deskripsi-tag
contoh TDT


Optimasi Video Youtube 6 :  THUMBNAIL MENARIK

thumbnail bagi saya sifatnya sangat vital, karena calon penonton video kita pasti memilih video dengan thumbnail yang menarik sebelum memutuskan untuk melihat video. Untuk membuat thumnail yang menarik kalian bisa menggunakan aplikasi gratisan “PHOTOSCAPE”, "PHOTOSHOP", atau aplikasi - aplikasi lainnya. dan jangan lupa berilah kata kunci pada penamaan gambar untuk tumbhnail tersebut, misalnya kumpulan-cara-memasak-yang-unik.png
contoh-tumbnail-menarik
contoh tumbnail menarik


Optimasi Video Youtube 7 : Buat Anotasi dan Card 

Anotasi adalah teks yang mengambang diatas video. Teks ini akan muncul dipermukaan video dan bisa diklik. Manfaatkan fasilitas Youtube ini sebaik mungkin untuk mengajak banyak orang menonton video Anda yang lainnya atau berlangganan channel.

Hampir sama dengan anotasi, cards di Youtube juga dibuat di bagian Video Manager. Cards ini tujuannya untuk memberi referensi video lain dalam video yang sedang tayang. Kalau diblok ibarat link ke postingan lain.

Cards akan muncul dibagian kanan atas setiap video. Dengan menambahkan fasilitas ini, video Anda juga akan terlihat lebih profesional dibanding video lainnya.
Anotasi-video-youtube
Anotasi video youtube


Optimasi Video Youtube 8 : Share dan Promo video

Jangan lupa post video kalian di G+ dan sosmed lainnya untuk meningkatkan social media signal. Untuk G+ kalian bisa membagikan video kalian di G+ community, kalian bisa share kegroup- group tersebut. Semakin banyak orang yang memberi + ke post kalian, maka video kalian semakin dianggap menarik oleh search engine.

Note : Jika kalian mau memberikan backlink ke video kalian silahkan post ke 9gag, atau keforum-forum sejenis. 

Terakhir : Selalu buat playlist dengan video yang serupa / sejenis, karena mempermudah searchengine untuk menemukan video kalian

Nah, demikian langkah - langkah untuk melakukan optimasi SEO video youtube, terima kasih sudah membaca artikel saya, semoga bisa memberikan manfaat untuk pembaca khususnya untuk pengunjung setia datukgarang. Silahkan ajukan pertanyaan seputar Optimasi Video dengan memberikan komentar di bawah ini.

Saya adalah blogger desa,tujuan saya membuat blog ini untuk berbagi informasi,turorial,berbagi seputar dunia internet,komputer, dll.

This Is The Oldest Page

Untuk Membenahi dan Meningkatkan Kualitas Blog Maupun Konten Dari Blog Ini, Komentar Dari Sobat Sangat Saya Butuhkan,Dengan Syarat :

* Berkomentarlah Sesuai Dengan Topik yang di Bahas.
* Berkomentarlah dengan Bahasa yang Sopan.
* Untuk Saat Ini Anda Tidak Boleh Menyisipkan Link diKomentar.
* Dan Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# TERIMA KASIH
EmoticonEmoticon