Tahukan Anda ?? Mimpi Orang Tunanetra itu Berwarna atau Hitam Putih..?? Simak Jawabannya

Mimpi orang tunanetra itu berwarna atau hitam putih sih.? Pernah gak timbul pertanyaan seperti itu di pikiran sobat blogger.? sebenarnya mimpi itu apa sih.? dari mana mimpi itu berasal? apa yang menyebabkan kita mengalami mimpi.?



Mimpi orang buta
Penampakan Warna Mata Normal dan Mata Tidak Normal




Menurut Wikipedia mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur, terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM sleep). dari sekian banyak tunanetra kita mengenal yang namanya "BUTA WARNA".

Saat mendengar “buta warna”, hal paling pertama yang terbersit dalam pikiran kita sering kali adalah penderita buta warna hanya bisa melihat dunia dalam hitam dan putih, seperti foto - foto atau film - film  jadul tempoe dulu ? Tapi sayangnya, semuanya itu tidak sepenuhnya benar.


Kita bahas dulu ya.........

Apa itu buta warna?


Buta warna adalah sebuah kondisi yang dihasilkan dari tidak adanya pigmen khusus yang sensitif terhadap warna dalam sel kerucut mata (reseptor warna), sebuah lapisan saraf di belakang mata yang bertugas untuk mengubah cahaya menjadi sinyal saraf yang akan dikirimkan ke otak.

Namun, bagaimana dengan mimpi orang buta warna?

Apa Yang Sebenarnya Di lihat Orang Buta Warna?


Menurut salah seorang profesor oftalmologi di University of Washington Dr. Jay Neitz, orang-orang buta warna mampu melihat sama saja dengan apa yang orang normal lihat, namun dalam kualitas warna yang buram dan keruh.

Seorang individu dengan penglihatan normal memiliki tiga lapis reseptor warna (trikromatik) yang memungkinkan pengiriman sinyal warna jadi lebih jelas dan akurat, namun pengidap buta hanya memiliki dua lapis reseptor warna (dikromatik) akibat abnormalitas kromosom yang membuat mereka tidak bisa melihat spektrum warna secara keseluruhan. Mereka cenderung kesulitan untuk melihat atau membedakan warna merah, hijau, biru, atau warna campuran dari ketiga warna tersebut. Mereka juga mungkin kesulitan untuk membaca teks warna-warni, tergantung dari jenis font dan warna latar belakangnya.

Secara umum orang buta warna kebanyakan buta akan warna hijau/merah ( kondisi sulit membedakan warna merah dan hijau) , tapi bukan berarti mereka tidak tahu yang mana warna merah dan yang mana hijau. Orang buta warna mencampur semua warna yang memiliki elemen dasar merah atau hijau. 



Mimpi Orang Buta
JENIS - JENIS WARNA BERDASARKAN LEVEL PENGLIHATAN


Apakah mimpi orang buta warna berwarna / Hitam Putih?


Sebenarnya dulu, para ahli pernah menganggap kalau mimpi orang buta warna hanya berbentuk hitam dan putih, namun pendapat mereka berubah seiring kemajuan dunia teknologi dan informasi.

mimpi orang buta warna semuanya tergantung dari kapan tepatnya mereka menjadi buta warna. Manusia bermimpi tentang apa yang mereka tahu dan merasa familiar. Oleh karena itu, orang yang mengidap buta warna setelah lahir masih bisa ‘melihat’ warna, menurut buku “Colour Blindness: Causes and Effects” (2002). Tentunya, warna yang mereka lihat dalam mimpi sesuai dengan warna-warna yang mereka lihat di dunia nyata.

Bagaimana dengan orang buta sejak lahir yang mana seumur hidupnya tidak pernah mengalami pencitraan visual. Mereka tidak tahu apa itu hijau, merah dan warna lainnya. Dunia yang mereka lihat adalah kegelapan dengan hingar bingar orang disekililingnya. Apakah mereka bermimpi? Kalau iya mimpi seperti apa yang mereka lihat?

Orang-orang yang mengidap buta warna total sejak lahir hanya dapat melihat dunia (dan bermimpi) dalam nuansa warna hitam, putih, dan abu-abu, karena mereka tidak pernah mengetahui warna terlihat seperti apa, dan karena itu otak mereka tidak memiliki memori atas warna apapun untuk membuat mimpi yang berwarna. Orang yang buta warna total sering bermimpi tentang suara - suara yang sering mereka dengar.


Apakah Orang Buta Warna Bisa Melihat Warna Seutuhnya jika Menggunakan Alat Bantu?


Seseorang yang buta warna tidak dapat menerima persepsi yang sama tentang nuansa dan corak warna, maka dari itu hampir tidak mungkin untuk mengubah keadaan tersebut.

Tapi, ada beberapa lensa dan alat bantu lain yang mengklaim bisa meningkatkan penglihatan. Apa benar?


mimpi orang buta
LENSA MATA


Menggunakan lensa koreksi warna artinya Anda akan diharuskan untuk membeli dua lensa kontak yang berbeda warna. Hal ini akan menyebabkan pergeseran spektrum warna yang Anda rasakan; Anda mungkin akan bisa melihat beberapa warna lain untuk satu mata Anda, tetapi di sisi lain mungkin Anda akan merasakan kehilangan warna-warna lainnya. Lensa seperti ini mungkin bisa sedikit banyak membantu, tapi banyak orang yang melaporkan bahwa manfaatnya tidak begitu efektif.


Sekian dulu postingan kali ini, bagaimana menurut sahabat blogger, apakah sahabat blogger pernah bermimpi hitam putih..?? atau pernah bermimpi tentang hal lainnya, boleh donk di ceritakan di kolom komentar. Tapi ceritanya jangan tentang mimpi dapat nomor anu atau anu ya....

Saya adalah blogger desa,tujuan saya membuat blog ini untuk berbagi informasi,turorial,berbagi seputar dunia internet,komputer, dll.

Untuk Membenahi dan Meningkatkan Kualitas Blog Maupun Konten Dari Blog Ini, Komentar Dari Sobat Sangat Saya Butuhkan,Dengan Syarat :

* Berkomentarlah Sesuai Dengan Topik yang di Bahas.
* Berkomentarlah dengan Bahasa yang Sopan.
* Untuk Saat Ini Anda Tidak Boleh Menyisipkan Link diKomentar.
* Dan Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# TERIMA KASIH
EmoticonEmoticon